Minggu, 13 April 2014

Mengedit Foto Sederhana Dengan Photoshop CC

Halo sobat…
postingan saya kali ini, yaitu mengenai tutorial photoshop editing…
yup… saya mencoba untuk berbagi beberapa cara mengedit foto dengan Photoshop CC, meski hanya dengan mode sederhana, dengan memanfaatkan fitur” yang sudah ada didalam Photoshop CC.

Bagi yang sudah punya Photoshop CC, silahkan dicoba. semoga tutor dari saya ini bisa bermanfaat bagi anda.
Langsung saja tanpa basa basi, pertama” siapkan rokok + kopi, eeh.. Ma’f salah…
maksudnya, buka aplikasi Photoshop CC anda, lalu pilih” dulu foto mana yang akan anda edit.

Sebagai contoh, saya coba memilih salah satu foto saudara saya sebagai korban ditutor editing saya yang pertama ini… J J #:ketawa2: (yang punya foto, peace…. :v :v)



Jadi, sample foto ini saya akan merubahnya menjadi sebuah foto yang terlihat seperti lukisan dengan pemanfaatan fitur dari Photoshop CC yaitu Filter – Oil Paint, dimana Filter tersebut bisa membuat foto anda terlihat seperti foto yang dilukis atau… apalah itu namanya!! pokoknya seperti itulah bentuknya nanti. (terlalu banyak ngoceh, kapan ngeditnya, broo…!!! L)

Setelah anda pilih foto yang akan anda edit, langsung saja diseret atau di drag  kedalam photoshop CC, kemudian anda duplicate foto tersebut dengan cara menekan tombol (Ctrl+j), atau klik kanan pada layer Background, kemudian pilih duplicate layer.



Setelah diklik opsi duplicate layer, akan muncul tampilan atau jendela duplicate layer. 
      Langsung saja klik button  ok …. 


Sekarang anda sudah memiliki dua layer. Langkah selanjutnya, anda klik pada layer Background copy, pada layer Background copy, anda pilih image pada task bar, pilih adjustments lalu pilih Levels atau anda bisa langsung dengan menekan tombol (Ctrl+L).


Setelah muncul jendela atau tampilan Levels, geser button  yang paling unjung sebelah kanan pada layar LCD anda, untuk mencari contras. Setelah anda geser, klik Button OK.


Tapi, perlu diingat, bila foto yang ingin anda edit sudah terlihat terang, maka yang anda geser adalah button yang paling kiri, semua itu tergantung bagaimana mata anda melihat perubahan yang terjadi pada foto, bila dia terlalu gelap, maka geser sedikit button yang disebelah kanan.

Selanjutnya, anda rubah nama layer tersebut dengan nama “Levels”, dengan cara Double Click pada layer “Background copy” tersebut, lalu ketik “Levels” dan tekan enter. 


Setelah anda rubah nama pada layer “Background copy”, anda duplicate lagi layer tersebut dengan menekan (Ctrl+j), kemudian pada layer “Levels” yang sebelumnya, anda hilangkan tanda matanya. 


Langkah selanjutnya anda ulangi cara langkah 3 dan 4, tetapi dengan mengeser button  yang paling kanan lalu tekan OK, seperti pada gambar dibawah ini. 



Duplicate kembali layer “Levels copy 1”, lalu pilih images – adjustment – Hue/Saturation.


Setelah muncul tampilan Hue/Saturation, pada Preset anda pilih Sepia.


Setelah anda merubah preset-nya menjadi Sepia, anda set atau anda geser button  pada Hue dan Saturation, lalu klik OK seperti pada gambar dibawah ini.


Langkah selanjutnya, anda ubah lagi nama layer tersebut menjadi “Hue/Saturation”. Dan kemudian anda kembali men-duplicate lagi layer tersebut. Pada layer “Hue/Saturation copy 1”, anda ubah lagi namanya menjadi “Levels-Sepia”. Masih pada layer “Levels-Sepia”, anda tekan (ctrl-L) pada keyboard untuk menampilkan jendela Levels. Kali ini, anda geser  button yang paling kanan, seperti pada gambar dibawah ini. Jika sudah, klik OK.


Setelah langkah tersebut selesai, anda duplicate lagi layer “Levels-Sepia”, dan ubah nama layer hasil duplicate dengan “Oil-Paint”. Masih pada layer “Oil-Paint”, anda pilih Filter yang berada pada Task Bar, lalu pilih “Oil-Paint”.


Pada saat tampilan Oil-Paint muncul, anda kemudian mengaturnya, seperti pada gambar dibawah ini. Setelah selesai, jangan lupa untuk meng-Klik button OK.


Selanjutnya, anda men-duplicate lagi layer “Oil-Paint” , kemudian mengubah nama layer tersebut dengan “Poster Edge”. Pada saat yang bersamaan, anda pilih kembali Filter pada Task Bar, dan pilih Filter Gallery. Setelah tampilan Filter Gallery muncul, pada Tab Artistic, anda pilih Poster Edges, kemudian atur preset-nya, lalu kilik OK, seperti terlihat gambar dibawah ini.


Masih pada layer Poster Edges, anda hapus atau hilangkan bekas” garis pada Wajah dan Tangan menggunakan Eraser Tools...

atur tatanan dan mode brush eraser seperti pada gambar dibawah ini.


Setelah itu, arahkan atau sapukan Eraser Tools pada bagian wajah dan tangan, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


Berikutnya, anda gabungkan layer Oil-Paint dan Poster Edges. Pilih layer Poster Edges lalu tekan (Ctrl+Click) pada layer Oil-paint, kemudian klik kanan pada layer yang diblog, dan pilih Merge Layers, atau dengan menekan tombol (Ctrl+E).


Pada langkah ini, anda kembali men-duplicate layer lagi. Dan kemudian pada layer hasil duplicate tersebut, anda pilih Filter, Camera Raw Filter.


Pada saat tampilan Camera Raw Filter muncul, pada tab Basic, atur preset-nya seperti pada gambar dibawah ini, bila selesai jangan lupa klik OK.



Jreng… jreeeenggg…. Dan seperti inilah hasil akhirnya. J 



Sampai disini dulu beberapa tips yang bisa saya berikan, semoga ini bermanfaat untuk anda, dan selamat mencoba. Terima kasih. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar